Jan 12, 2008

Google CO-OP

. Jan 12, 2008


Salah satu situs yang juga sering dikatakan sebagai langkah awal dari Web 3.0 adalah Google Co-Op, yang beralamatkan di http://www.google.com/coop/.
Google Co-Op merupakan salah satu service yang disediakan Google dan mulai beroperasi sejak tahun 2006. sebagaimana fungsi search engine Google yang telah kita kenal, yaitu untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci, Google Co-Op juga merupakan search engine serupa, tetapi dengan penambahan fitur yang lebih luas, dimana diharapkan Google Co-Op dapat memberikan pilihan terbaik sesuai keinginan Anda.


Secara garis besar terdapat tiga service pada platform Google Co-Op, yaitu service Custom Search Engine, Subscribed Links, dan Topics.

Custom Search Engine memungkinkan pengguna menciptakan search engine mereka sendiri, sementara Subscribed Links adalah situs hasil dari subscribe yang dilakukan oleh pengguna secara manual, setiap pengguna diizinkan untuk membuat subscribed links yang baru.

Topics merupakan area khusus pencarian, yang dapat dikembangkan oleh pengguna yang memiliki pengetahuan mengenai suatu subjek atau topik.
Contoh ilustrasi penggunaan Google Co-Op, misalnya Anda seorang dokter spesialis, dengan sebuah keahlian khusus pada penyakit tertentu, Anda dapat melakukan kontribusi dengan menggunakan label untuk menandai seluruh website yang diketahui memiliki informasi yang baik mengenai hal tersebut.
Disisi yang lain, pasien, dokter lain, atau pengguna Google Co-Op lainnya dapat melakukan subscribe kepada anda dan memperoleh keuntungan dari keahlian anda. Anda dapat berpartisipasi pada beragam topik yang telah tersedia, tidak hanya pada topik kesehatan (Health), tetapi juga topik Destination Guide, Autos, Computer games, Photography, Home Theater, dan seterusnya.
Topik kesehatan sendiri telah memiliki banyak kontributor, antara lain adalah National Library of Medicine, Center for Disease Control and Prevention, Harvard Medical School, Mayo Clinic, dan seterusnya yang masih akan terus berkembang, demikian pula dengan topik-topik lainnya.
Bagaimana jika topik yang Anda inginkan tidak tersedia? Anda dapat memulai topik tersebut dengan membuat topik baru yang belum pernah ada.
Langkah-langkah untuk memberikan label, memulai topik baru, dan seterusnya dapat langsung anda lakukan pada website Google Co-Op dengan panduan dan contoh-contoh yang telah disediakan.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silakan komentar tapi jangan spam ya:)

 

Netbook Reviews|netbookasia.com

Blackberry Fans

Tax Attorney

Ardhindie.com


© Copyright 2007-2008. ArdiOnline . All rightsreserved | ArdiOnline is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com